Jumat, 12 Juni 2009

Strategi Promosi Bisnis


Pengembangan usaha perlu strategi marketing atau promosi. Promosi itu bisa melalui 2 serangan. serangan Darat dan serangan udara. Serangan Udara dapat dimulai dengan mengiklan melalui Internet, promosi secara Online. sementara untuk serangan darat disebut dengan serangan offline. Bisnis membutuhkan 2 strategi itu, harus masif, apalagi bisnis yang dikembangkan adalah memang bisnis offline. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.
Pada tulisan ini, saya akan mencoba mengambil tema tentang strategi promosi bisnis offline. berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:
  1. Pasang pamflet dan sebarkan brosur. Biaya untuk melakukannya cukup murah. Hanya butuh biaya fotokopi saja. Anda bisa tempelkan pamflet atau menyebarkan brosur itu di tempat-tempat strategis seperti tempat parkir, perempatan jalan, titip melalui agen koran, aula atau tempat pertemuan. Lakukan setiap even untuk melakukan promosi.
  2. Ngobrol dengan teman. Ini saya rasa yang paling gampang. Setiap bertemu teman, pastikan anda jangan lewatkan bisnis yang anda geluti menjadi salah satu bahan perbincangannya. Anda bisa ceritakan bagaimana pengalaman anda sendiri saat mengembangkan bisnis tersebut. Terangkan apa kelebihan dan keuntungan kalau mereka menggunakan jasa/bisnis kita. yakinkan dia untuk bisa mampir dan minta rekomendasikan teman-temannya. kalau bisa berikan potongan harga atau diskon.
  3. Singgung dalam pertemuan non-formal. Intinya sama dengan poin nomor dua. Tapi di sini anda berbicara dengan audience yang lebih besar. Misalnya seperti ketika anda mengikuti rapat RT atau arisan mingguan. Anda bisa singgung sedikit tentang bisnis yang anda jalani. Sebaiknya pilih pertemuan yang sifatnya tidak formal.
  4. Iklan di koran dan televisi. Agar biayanya tak terlalu besar, anda bisa mulai dari iklan baris di koran. Dan sebaiknya beriklan di hari Sabtu. Karena iklan di koran hari Sabtu biasanya paling banyak dibaca. Hal yang sama bisa anda lakukan di televisi. Khususnya di stasiun televisi lokal. Karena di stasiun televisi lokal biasanya terdapat acara yang mengajak pemirsanya untuk berpromosi lewat iklan baris. Biasanya anda tinggal kirimkan SMS saja dan iklan anda ditampilkan dalam bentuk teks berjalan (running text).
  5. Cantumkan URL di SMS. Mulai biasakan setiap mengirim SMS, cantumkan URL anda di akhir pesan. Anda tak harus menjelaskannya. Kalau penerima SMS-nya penasaran, pasti mereka akan mengunjunginya di internet, atau setidaknya langsung bertanya pada anda. untuk hal ini sebaiknya kita memiliki blog/website sederhana tentang info produk kita.
  6. Kartu nama. Membuat kartu nama sekarang juga sangat murah. Bila malas membuatnya di percetakan, anda bisa membuatnya sendiri dan mengeprintnya. Kelebihan kartu nama juga biasanya selalu disimpan oleh penerimanya.
  7. Buat stiker. Stiker yang bertuliskan bisnis anda. pastikan stiker berisi lokasi usaha anda dan sedikit kelebihan dari bisnis anda. bisa anda pasang di tempat-tempat strategis. Misalnya di warung makan atau warnet. Juga bisa anda pasang di kendaraan anda.
  8. Kaos. Ini medium iklan yang lebih mobile. Anda bisa bagikan atau gunakan sendiri kaos berdesain menarik dan tercantum bisnis anda. Cara yang sama bisa anda lakukan untuk benda lainnya seperti mug, tas plastik, payung, pulpen, topi, dan lainnya. Dan pastikan selalu anda pakai ketika bertemu dengan orang lain.
  9. Bergabung dengan suatu komunitas. Dengan memiliki teman-teman baru, peluang sukses anda akan lebih besar. Anda bisa ajak mereka untuk bergabung dengan bisnis internet anda. Ingat, banyak teman banyak rejeki..!
  10. Make different service. Inovasi yang berbeda seperti layanan antar, bisa menjadi sarana marketing yang efektif. cara ini seperti bisa untuk bisnis makanan. layanan ini akan tepat sasaran jika ditawarkan ke kantor-kantor. untuk yang sibuk, cara ini sangat efektif untuk efisiensi kerja.
Bagamaina dengan Bakso wolu, insyaallah sebagian sudah dilaksanakan. cara-cara ini harus terus dievaluasi, untuk mengukur keefektifan masing-masing cara. cara yang terbaik, murah namun menguntungkan bisa terus dipertahankan.



4 komentar:

  1. hebat pak strateg promosinya.. boleh dicoba tuh baksonya pasti maknyus..

    BalasHapus
  2. Kalau sudah mampir...
    Mak-nyos tenanan pak...

    BalasHapus
  3. assalamualaikum
    Untuk memulai bisnis harus bertanya pada orang yang berilmu....BTW insya allah kalo ada umur panjang, tak mampir..pingin nyoba ngrasain..ma sharing ma pak mansur, gimana kalo mau ikutan jualan, hehehe..Boleh to?
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  4. Pa Supri..ayo saya tunggu...

    BalasHapus

Sponsored by