Rabu, 03 Juni 2009

Menggaji Karyawan


Tepat satu bulan warung bakso wolu berjalan, begitu juga saat yang ditunggu karyawan untuk terima gajian. dalam kondisi ini saya masih menimbang-nimbang, berapa gaji dan honor yang pas untuk mereka. kondisi penjualan saat ini belum menggembirakan. besarnya omset diawal-awal masih habis untuk dana promosi. bahkan berlangsung hampir 1 bulan. boleh dibilang, untuk gaji karyawan aku akan mengambil dari dana modal, bukan untung. tetapi saya pikir ini termasuk dana promosi. saya menganggarkan dana promosi selama hampir 3 bulan. wei... banyak ya..
Menimbang dari kinerja karyawan selama ini memang belum menggembirakan. ketika ditinggalkanku untuk penyembuhan, mereka pasif. tidak ada upaya untuk memperbesar volume penjualan, semua mengandalkan titah dari saya.
laporan penjualan terakhir, hanya cukup untuk belanja besoknya, belum ada untung. ok... dari kondisi yang ada maka aku akan mengambil langkah-langkah penggajian.
Karyawan tetap berjumlah 2 orang, 1 tukang masak, dan 1 pelayan. 2 karyawan tidak tetap, 1 untuk kasir, dan 1 orang untuk pembantu umum, termasuk menggantikan posisi saya selama penyembuhan.
melihat dari kinerjanya masing, karyawan tetap yang memiliki tanggung jawab yang besar. seyogyanya mereka mendapat fee yang lebih besar dari yang lainnya.
setelah meminta beberapa pendapat dari yang sudah berpengalaman usaha, kemudian disesuaikan dengan lingkungan Jogja, maka..untuk karyawan tetap dan tinggal menetap di warung insyaallah akan sya kasih fee 17.500/ hari. sementara untuk tukang masak dan pulang, sementara 15.000 / hari.
untuk karyawan tidak tetap, yaitu kasir dan pembantu umum, mereka masih mahasiswa, 300.000 sudah cukup. saya kira nilai mereka adalah untuk belajar, bukan untuk bekerja seperti ini. bahkan mereka sudah ditanggung untuk makan sehari-hariny. cukup adil bukan untuk tahap awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsored by