Sabtu, 06 Juni 2009

Ayat-Ayat untuk Sukses, Untuk Sukses Pakailah Ayat-Ayat Ini


Dalam perenungan yang mendalam, rasanya setiap usaha yang kita lakukan tidak murni campur tangan atau menjadi hak kita, sukses ataupun rugi. Bahkan disaat orang sukses pun, sukses itu tidak lepas dari campur tangan pemberi kesuksesan. Siapa itu.. dialah Allah sang maha Pemberi. model bisnis adalah termasuk ke dalam bisnis spiritual, holistic bisnis. saya kira wajar dan sunnatullah, bahwa setiap insan harus bersandar pada konsep ketuhanan. karena pada dasarnya, setiap manusia itu diciptakan untuk beribadah. Bisnis adalah bagian dari hidup manusia. berarti bisnispun dapat dijadikan untuk sarana beribadah kepada-Nya.
Islam sebagai Panduan bagi rahmatan lil 'alamin, telah memberikan pedoman berupa ayat-ayat untuk bisnis yang sukses dalam Kitabnya. Sangat banyak kita temukan ayat-ayat yang menyangkut Perniagaan yang untung. diantaranya adalah

1. Mereka itulah yang membeli kesesatan dengan petunjuk, maka tidaklah beruntung perniagaannya dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.
(QS. 2:16)

2. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertaqwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. (QS. 3:130)

3. Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. (QS. 7:69)
Konsep syukur, dan diminta untuk terbagi kepada sesama, karena pada dasarnya setiap pemberian kita kepada orang lain, maka sungguh allah akan melipatgandakan pemberian kita.

4. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (al-Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. 7:157)

5. Sesungguhnya tiadalah beruntung orang-orang yang berbuat dosa. (QS. 10:17)

6. Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung. (QS. 12:23)

7. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (QS. 23:1)

8. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung. (QS. 23:117)

9. Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (QS. 24:31)
Tentang Tobat, sebagaimana telah menjadi tulisan sebelumnya, Start from Zero, inilah bukti bahwa memulai usaha harus dimulai dengan sesuatu yang bersih, kemudian proses yang bersih, insyaallah hasilnya pun akan bersih.

10. Aduhai benarlah, tidak beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah)”. (QS. 28:82)

dan masih banyak lagi..

Melalui ayat-ayat sukses ini, saya berharap menguatkan kembali perjalanan bisnis ke depan, untuk mempertegas arti sukses, yang diukur tidak hanya melalui hasil materi yang diperoleh saja.



2 komentar:

  1. Wah luar biasa, memang seharusnya kita berbisnis yang bersih, yang jujur, yang membuat orang lain senang, tertolong.
    Insya Allah bisnis kita lancar.
    Jika kaya, harus membantu yang lain supaya kaya juga
    Amin

    BalasHapus
  2. Sepakat mas. Bisnis itu urusan hati. Maka berbisnislah dengan Hati. Hati yang bersih, pikiran pun akan bersih, urusan ataupun bisnispun terhindar dari hal-hal subhat, atau meragukan. sehingga hasilnya pun insyaallah bersih. halal dan thayib. barakah. aman dan sejahtera. insyaallah.

    BalasHapus

Sponsored by