Selasa, 07 Juli 2009

"Flyer Brosur" Sarana Pemasaran Efektif


Dalam artikel blog kemarin tentang "Strategi Promosi Bisnis" pada point 1, saya menyebutkan tentang penyebaran brosur dan pamflet. Strategi itu sudah dicoba, dan hasilnya sangat efektif. tingkat penjualan meningkat 300% dibanding tanpa melakukan promosi.
Strategi saya dalam menyebarkan flyer pun cukup efektif. hanya dengan menitipkan ke agen-agen koran, dengan cara diselipkan dibagian dalam koran. Cukup dengan membayar Rp. 50,- per flyer, mereka dapat menjadi agen-agen pemasar baksowolu.

Dengan menyebarkan brosur tersebut, para pembaca koran sangat terkesan dan penasaran. apa kunci-kunci yang harus diperhatikan sebelum mencoba strategi ini, ada beberapa trik yang perlu diperhatikan.
  1. Agen Koran : Cari agen koran yang memiliki pelanggan yang banyak. biasanya agen besar memiliki pelanggan diatas 1000 pelanggan.
  2. Hari Penyebaran : Penentuan hari sangat penting, sebab tidak semua agen memiliki jumlah pelanggan koran yang sama setiap harinya. biasanya hari sabtu adalah hari yang tepat untuk menyebarkan. Hari sabtu biasanya orang banyak memasang dan memburu iklan. selain itu, banyak yang sedang libur mencari referensi tempat kuliner yang menarik.
  3. Diskon : Berikan diskon yang menarik untuk setiap flyer yang disebar. diskon bisa variasi, bisa memulai 10-20%. tentukan berapa jumlah orang yang dapat diskon. trik ini akan semakin membuat penasaran para pembaca flyer.
  4. Desain Flyer : Flyer/brosur yang dicetak, usahakan yang berwarna. Photo-photo yang ditampilkan dalam flyer akan lebih menarik ditampilkan dalam warna-warna yang cerah. kemudian gunakan kertas dari jenis yang glossy atau HVS dengan ukuran diatas 80 gr.
  5. Lakukan terus cara ini, sampai mendapat kunjungan yang maksimal, kemudian cari cara yang lain yang lebih kreatif.

Dari kelima hal yang sudah dilakukan tersebut, alhamdulillah jumlah pengunjung semakin meningkat dari hari-hari. dalam bisnis makanan/kuliner memang membutuhkan waktu yang agak lama untuk bisa dikenal orang. strategi pemasaran yang kreatif dan terus menerus akan mempercepat datanngya jumlah pengunjung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsored by