Senin, 25 Mei 2009

10 Kunci Sukses Pengusaha Muslim


Belajar bisa dari mana saja, dimana saja, kapan saja, dan kondisi macam apa saja. Alhamdulillhah, setelah kecelakaan yang menimpa diri saya hari jum'at yang lalu tgl 22 mei kemarin hingga bagian anggota tubuh saya cacat, semangat untuk belajar dan untuk berkembang usaha bertambah bergelora, bahkan pengorbanan yang besar itu harus ditebus dengan usaha dan hasil yang besar tentunya. kawan-kawan, karyawan banyak memberi dukungan, bahkan istri tercinta tidak gentar melihat suaminya sudah cacat tangannya. bahkan terus memberi dorongan semangat dan kasih sayangnya yang terus bertambah. thanks honey.... you are my greatestme love.

Membaca Republika tgl 25 mei 09, tentang 10 kunci sukses bagi pengusaha muslim sukses yang disampaikan oleh Fadil Fuad Basyeleh seorang pendiri dan Chairman PT Zahir International.
1. memiliki motivasi yang kuat untuk menjadi orang sukses. motivasi bisa dibangun dengan mimpi-mimpi. contohnya adalah buatlah minimal 50 mimpi-mimpi anda yang hebat, kemudian pasang di dinding kamar anda, biarkan anda melihatnya setiap hari. kemudian ingat-ingat terus. pada saat kita lemah, mimpi-mimpi itu akan menguatkan kita lagi.
2. Tawakal kepada Allah, Faidza adzamta fatawakkall 'ala allah. ada kepasrahan dari setiap usaha yg kita lakukan. dalam hal ini, saya belum sebulan membuka warung bakso wolu di jalan glagah sari Yogya, namun allah berkehendak lain, saya harus beristirahat karena kecelakaan itu, saya pun pasrahkan semua sama allah, saya yakin allah akan memberikan yang terbaik pada saya dan keluarga. alhamdulillah, semua karyawan tetap bisa menjalankan aktivitas warung, meski tanpa saya, bahkan omzet bisa tetap naik.
3. Jangan memaksakan bisnis sesuai gambaran ideal yang kita miliki, namun secara bertahap ideal itu kita capai dalam perjalanan. saya sempat beradu argumen dengan istri tentang ini, keinginannya adalah semua harus sempurna dulu, baru buka warung, tetapi saya katakan "TIDAK", sambil berjalan yang kurang kita perbaiki. Alhamdulillah akhirnya istri menerima.
4. Pilih bisnis yang bisa kuasai dengan cepat, kalau saya merubah, pilih bisnis yang anda SUKAI, itu penting, karena kalau kita setengah hati, maka bisnis itu hanya seperti pepatah "Anget-anget tahi Ayam" semangat diawal, giliran datang waktu sepi langsung bubar. kita gak ingin seperti itu khan...? bisnis itu continuitas.
5. Menentukan differensiasi produk. memulai bisnis yang sudah umum, diperlukan PEMBEDA dari produk sejenis, bisa produknya, tempatnya, pelayanannya dll. make it better and different. konsep bakso wolu hadir diantara produk bakso yang umum dengan menghadirkan 8 cita rasa bakso yg berbeda. tidak sama dngan produk sejenis yg rata-rata menghadirkan bakso halus dan urat. saya pikir ini adalah nilai lebih. kemudian konsep self service.
selain itu, kelak akan dibuat sistim antaran, delivery order. mantap bro...
6. Fokus. ya saya sangat sepakat tentang kata ini. banyak orang mau berwirausaha datang dengan konsep yang Wah... banyak ide.. Phenomenal. namun banyak juga yg terpleset dengan konsep, ide yang wah itu, karena mudah berpaling ke lain usaha. ini Bahaya.... mudah-mudahan bakso wolu bisa tetap fokus.
7. Carilah Mitra Bisnis, selama ini Istri saya adalah Mitra yang Cerdas, he2x... sementara tidak usah cari mitra yang lain. Dan Jangan Takut menggaji Pegawai. belajar untuk memberi yang terbaik. bismillah.
8. Jadikanlah Sabar dan Sholat sebagai penolongmu.. Semua hal tidak ada yg tidak dengan campur tangan allah. sempurnakan sholatmu, perkuat kesabaran. kata-kata yang indah disaat hambanya sedang butuh pertolongan.
9. Hindari dosa dan maksiat. perbuatan ini membuat chemistri tubuh jadi tidak beraturan, bisa jadi jika tidak segera bertobat, maka akan menyebabkan ketidakberaturan dalam urusan lain. ada efek berantai.
10. Pelajari kunci-kunci pembuka rizki... Shodaqoh yang berlipat, berbakti kepada orang tua, ikhlas, jujur dan lain sebagainya.




4 komentar:

  1. Pelajari kunci-kunci pembuka rizki... Shodaqoh yang berlipat, berbakti kepada orang tua, ikhlas, jujur dan lain sebagainya.

    Ini yang utama...
    Salam Action...! Sukses selalu...

    BalasHapus
  2. Makasih tausiahnya om young...
    Salam kenal...
    Insyaallah yang disebutkan akan coba ane praktekkan.

    salam sukses.

    BalasHapus
  3. WEKA Grafika :
    Jl. H. Nurisan No. 10 (Depan BNI 46) Pondok Pinang, Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12310
    Tlp. 021 - 7159 3849 HP. 0812 880 2703

    BalasHapus
  4. assalamualaikum...
    Uaha yang dilandasi dengan kejujuran adalah modal utama untuk memperoleh rezeqi yang barokah.
    BTW...kunci yang ke 7, bisa di realisasi kapan..?
    ane dah mnt nih..bos mansur.
    wassalamualaikum
    (sup121_yono@yahoo.co.id)

    BalasHapus

Sponsored by